Sistem Loyalitas & Keterlibatan Real-Time dengan Bot Chat Streaming
2024* Gambar hanya ilustrasi
Platform loyalitas dan hadiah real-time yang terintegrasi dengan bot chat streaming kustom, memungkinkan keterlibatan penonton, akumulasi poin, dan hadiah berbasis undian.
Teknologi
Fitur Utama
- Distribusi Poin Real-Time & Mekanisme Undian
- Bot Streaming Kustom (Reverse-Engineered WebSocket)
- Otentikasi Aman NextAuth
- Pemrosesan Hadiah Terjadwal (QStash)
- Arsitektur Berbasis Event yang Skalabel
Tantangan
Streamer langsung kesulitan mempertahankan keterlibatan penonton dan memberi penghargaan kepada anggota komunitas setia secara efektif.
Batasan & Skala
Perlu memproses acara obrolan secara real-time, berintegrasi dengan berbagai platform streaming, dan menangani lalu lintas burst selama undian.
Arsitektur Sistem
Arsitektur berbasis event menggunakan Next.js, server WebSocket kustom untuk bot, dan Upstash Redis untuk papan peringkat berkecepatan tinggi dan status sementara.
Tradeoff Teknis
Membangun bot WebSocket kustom daripada menggunakan API standar untuk melewati batas kecepatan dan memungkinkan integrasi yang lebih dalam, membutuhkan lebih banyak pemeliharaan tetapi menawarkan kontrol yang unggul.
Hasil & Dampak
Meningkatkan aktivitas obrolan sebesar 200% dan memfasilitasi penukaran lebih dari 5.000 hadiah. Sistem menangani 10k+ koneksi WebSocket bersamaan dengan penggunaan sumber daya minimal.
Detail Proyek
Merancang dan mengembangkan sistem loyalitas dan keterlibatan real-time yang terintegrasi dengan bot chat streaming yang dibangun khusus untuk meningkatkan interaksi dan retensi audiens. Proyek ini berfokus pada pemberian penghargaan atas aktivitas pengguna seperti menonton, mengobrol, dan berinteraksi selama siaran langsung. Membangun aplikasi web program loyalitas khusus menggunakan Next.js dengan otentikasi yang aman dan cepat melalui NextAuth. Platform ini memungkinkan pengguna untuk melacak poin, menukarkan hadiah, dan mengubah poin yang terkumpul menjadi tiket undian melalui sistem hadiah yang terstruktur. Mengembangkan bot streaming kustom menggunakan TypeScript dan Node.js. Pada saat itu, tidak ada API resmi yang tersedia, sehingga bot diimplementasikan dengan merekayasa balik protokol komunikasi WebSocket, memungkinkan deteksi aktivitas pengguna dan perintah obrolan secara real-time. Streamer dapat mengonfigurasi dan menggunakan beberapa perintah bot untuk berinteraksi langsung dengan penonton. Mengimplementasikan distribusi poin real-time, mekanisme undian, dan pemrosesan hadiah terjadwal menggunakan PostgreSQL untuk persistensi dan Upstash Redis / QStash untuk caching dan penjadwalan tugas. Komunikasi berbasis WebSocket memastikan interaksi latensi rendah antara penonton, bot, dan platform loyalitas. Sistem ini dirancang agar dapat diskalakan, digerakkan oleh peristiwa, dan dapat diperluas, mendukung konkurensi tinggi selama sesi streaming langsung sambil mempertahankan pelacakan hadiah yang akurat dan pelaksanaan undian yang adil.